Selamat Datang di Website Pussenarmed

HUT ARMED TNI AD KE-72 SEMAKIN MODERN, CERDAS DAN TANGGUH

PDFPrintE-mail

 

CIMAHI-, Dalam rangka HUT ARMED TNI AD KE-72 TAHUN yang jatuh pada tanggal 4 Desember 2017,  Pussenarmed beserta jajarannya melaksanakan kegiatan syukuran yang dipusatkan di Pusdikarmed Kodiklatad Jln. Baros Kota Cimahi, Senin (4/12).

Danpussenarmed Brigjen TNI Dwi Jati Utomo,S.I.P.,M.Tr (Han)., didampingi Wadan Pussenarmed Kolonel Arm Julius Jolly Suawa,S.Sos., mengatakan, kekuatan Alutsista yang dimiliki saat ini terus diupayakan untuk mewujudkan modernisasi Alutsista menuju "World Class Gunner" dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sesuai dengan tema "Prajurit Armed Yang Modern, Cerdas dan Tangguh Siap Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.


"Pemerintah sangat mendukung modernisasi Alutsista. Hal itu dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan Negara" katanya

Saat ini Armed TNI AD telah diperkuat roket MLRS Astros MK II buatan Brazil, meriam 155 mm Caesar buatan Perancis, meriam 155 mm KH-179 buatan Korea Selatan dan yang terakhir  Meriam GS M109A4-BE 155 mm buatan Amerika serikat

"Diharapkan dengan adanya Alutsista baru ini Armed TNI AD semakin memperkuat integritas NKRI di mata dunia," katanya.

Roket MLRS Astros MK II dengan daya jangkau ke sasaran hingga 85 km sudah teruji ketangguhannya di berbagai medan pertempuran di berbagai negara. Saat ini roket tersebut juga sedang dalam pengembangan daya jangkau amunisi hingga 300 km. Sedangkan, meriam Caesar dengan daya jangkau 40 km merupakan meriam swagerak (self propheler). Di masa depan Alutsista Armed akan dilengkapi dengan Radar Anti Artileri, pesawat tanpa awak (UAV/Unmaned Aerial Vehicle), GPS (Global position system), alat pengukur jarak otomatis (LRF/Laser Range Finder) dan sistem penemu sasaran untuk mempercepat pencarian koordinat kedudukan sasaran (INS/Inertial Navigation System) sehingga dapat mewujudkan Precision attack, joint attack and The Missile's Role in Suppressing Enemy Strike Capabilities.


Kedatangan Alutsista yang modern, lanjut Danpussen, juga harus ditunjang dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM). Dibentuk Batalyon khusus untuk memegang Alutsista tersebut, para personel diseleksi secara ketat dan diberi pelatihan di negara tempat produksi Alutsista. Diakuinya, tahap penerapan teknologi Alutsista terbaru membutuhkan proses. "Tidak mudah untuk transfer teknologi dan pengetahuan, namun kita terus berupaya mewujudkannya sebagai prajurit Armed yang Modern, Cerdas dan Tangguh”. Ujarnya.

Lebih lanjut Danpussenarmed menyampaikan syukuran Hari Ulang Tahun Armed yang diselenggarakan setiap tahun dengan maksud untuk menumbuhsuburkan jati diri prajurit Armed sehingga dapat memperkokoh jiwa Korps dan memperteguh motivasi dalam pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada Ulang Tahun Armed kali ini, Danpussenarmed memberikan penghargaan kepada prajurit prajurit Armed yang berperestasi, dimana dalam bidang renang ada dua orang prajurid Armed yang mendapat medali perak dan perunggu di Sea Games Kuala Lumpur kemarin yaitu serda (K) Nurul Fajar mendapat 2 perak dan serda (K) Ressa Kania Dewi mendapat 1 perak 1 perunggu dan masih ada 8 orang lagi prajurit- prajurit Armed yang prestasi di bidang renang sampai tingkat PON. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri buat Danpussenarmed dimana beliau merupakan ketua Cabang Olah raga Renang di KOMIAD.

Selanjutnya rangkaian kegitan yang telah dilaksanakan dalam rangka HUT Armed Ke- 72 tahun ini berupa Karya Bhakti pembersihan rumah ibadah baik mesjid maupun gereja dan taman Kartini yang ada di depan Mako Pussenarmed sehingga kelihatan bersih dan asri, bhakti sosial dengan melaksanakan pelayanan kesehatan dan pembagian sembako di daerah Batujajar bekerjasama dengan Yayasan Budha Tzu Chi, melaksanakan anjangsana sebagai wujud kepedulian dan simpati   keluarga besar Pussenarmed kepada  sejumlah purnawirawan dan anggota yang saat ini menderita sakit, berikutnya melaksanakan olah raga jalan santai dimana panitia menyediakan berbagai macam hadiah Doorprise dan terakhir melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung yang ditandai dengan tabur bunga di pusara makam para pahlawan.

Peringatan HUT Artileri Medan TNI AD Ke 72 Tahun 2017 yang dilaksanakan secara meriah dihadiri para sesepuh Armed dimana mereka melaksanakan tembakan Meriam Sapu Jagad sebagai penghormatan kepada purnawirawan Armed yang telah ikut serta membesarkan nama Korps Baret Coklat, serta perwakilan satuan Armed baik Kodam maupun Kostrad ikut hadir untuk memeriahkan HUT Armed yang Ke-72.

Acara hiburan yang dipandu oleh Artis Tukul Arwana serta artis-artis ibu kota dan Bandung membuat suasana semakin meriah. Para prajurit, unsur komandan serta keluarga besar Armed turut larut berjoged dan menari bersama membuat suasana tambah semarak.(Penpussenarmed).