Selamat Datang di Website Pussenarmed

OLAHRAGA GATEBALL DISOSIALISASIKAN DI JAJARAN PUSSENARMED

PDFPrintE-mail

 

Cimahi – PERGATSI Jawa Barat mengadakan sosialisasi olah raga Gateball kepada jajaran Pussenarmed di lapangan Djarot Supadmo Pusdikarmed jalan Baros no.50 G Cimahi , Kamis (4/1). Sosialisasi olahraga Gateball disampaikan langsung oleh Sekjen PERGATSI Jawa Barat bapak Dede Rustam.

Dalam penyampaiannya Dede Rustam mengatakan bahwa olahraga Gateball dicetuskan oleh Eiji Suzuki pada tahun 1947 di Hokkaido-Jepang yang merupakan modifikasi dari permainan “Crocquet” (Perancis) yang telah menyebar ke 5 benua. 

Olahraga ini menggunakan pemukul (stick), dimainkan oleh 2 (dua) tim yang saling berhadapan. Setiap tim terdiri dari 5 pemain, dengan 5 bola. Tim pertama dengan bola berwarna merah, masing-masing bola bernomor ganjil 1, 3, 5, 7, dan 9; sedangkan tim kedua dengan bola berwarna putih bernomor genap 2, 4, 6, 8, dan 10. Setiap pemain masing-masing memiliki 1 bola yang telah ditentukan.

Gateball dimainkan di lapangan terbuka berumput atau lapangan tertutup dengan rumput sintetis, tidak ada rintangan (sampah, batu, dll), datar persegi panjang dengan ukuran 15 x 20 m atau 20 x 25 m (umum digunakan 15 x 20 m).

Permainan paling lama 30 menit atau dinyatakan selesai sebelum 30 menit apabila salah satu tim telah mendapatkan nilai sempurna 25 point = 5 x 5 point.

Setelah melaksanakan sosalisasi personel Pussen dan Pusdik mecoba permainan olah raga Gateball dengan penuh antusias, dimana salah satu pemain Letkol Arm Jati Sapto menyatakan tertarik dengan olahraga tersebut dan berminat ingin mendalaminya, ungkap beliau disela-sela kegiatan. (Penpussenarmed).