Profil Sejarah

BAB  I

PENDAHULUAN

Dinamika sejarah terletak pada kemampuan untuk memandang ketiga dimensi waktu sekaligus, masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang dalam satu kesatuan yang bulat dan utuh.

Penulisan peristiwa-peristiwa bersejarah di masa lampau diharapkan membuat kita lebih bijaksana dalam menghadapi dan melaksanakan berbagai penugasan. Nilai-nilai pragmatis yang merupakan salah satu nilai sejarah agar tidak sekedar menjadi deretan kronologi waktu semata. Bagi Korps Armed sejarah merupakan ilmu pengetahuan untuk dapat dirasakan manfaatnya bagi generasi penerus.

Penulisan Sejarah Satuan Armed TNI AD dimulai sejak awal abad ke-4 ketika Raja Dionysius dari Syracuse menggunakan peralatan pelempar benda jarak jauh pada saat melaksanakan penyerbuan ke Sicilia. Setelah diketemukannya bahan peledak pada tahun 1336, alat pelempar ini disempurnakan dalam bentuk meriam. Di Indonesia, Artileri baru dikenal sejak awal abad ke-16 pada saat Raja Patiunus (anak Raden Patah) dari Kerajaan Demak menyerang Portugis di Malaka. Selanjutnya pada tahun-tahun berikutnya kerajaan-kerajaan di Indonesia dan para pejuang kemerdekaan mulai melengkapi dan menggunakan meriam Armed guna melawan dan mengusir penjajah yang menguasai wilayah Nusantara.

Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia tersebut diatas telah membuktikan kepada kita selaku generasi penerus, bahwa Armed memiliki peranan penting dalam berbagai  bentuk tugas sampai saat ini. Akan tetapi peranan tersebut belum tersusun dengan baik dalam suatu Buku Sejarah Satuan, untuk diketahui oleh para generasi penerus bangsa pada umumnya dan penerus Armed pada khususnya.

Mencermati hal tersebut diatas, maka perlu disusun Buku Sejarah Satuan Armed TNI AD yang berisi tentang latar belakang pembentukan Korps Artileri, perkembangan  para pemimpin, organisasi, persenjataan dan pengabdian yang dilakukan oleh prajurit Korps Armed sejak masa perjuangan sampai dengan sekarang, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan kepustakaan dibidang sejarah dan guna pengembangan Satuan Armed dimasa yang akan datang.

 

BAB II

Last Updated on Thursday, 20 July 2017 08:24
 

DANPUSSENARMED

BRIGJEN TNI

DWI JATI UTOMO, S.I.P., M.Tr.(Han).