Photo Photo Photo

IBU WADAN PUSSENARMED TERIMA TEAM PENYULUH IMUNISASI CAMPAK RUBELLA
Wednesday, 13 September 2017 07:21

 

Cimahi - Belakangan ini, pemerintah sedang menggalakkan pemberian imunisasi MR (Campak Rubella) pada anak. Demikian penyampaian Bidan Rahma Yunita Lubis dari Dinas kesehatan Cimahi kepada ibu Wakil Ketua Persit KCK Cabang XIV Pussenarmed PG Kodiklat TNI AD ibu Imelda Jolly suawa yang didampingi ibu ketua seksi sosial ibu Nita Wahyudi di Posyandu Mawar 1 Pussenarmed Warung Contong Cimahi, Rabu (13/9).

Dalam penjelasan Bidan Rachma, Campak alias measles adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat ditularkan melalui batuk dan bersin. Penyakit ini sangat mudah menular dan banyak menyerang anak-anak.

Gejala campak termasuk demam tinggi (suhunya dapat mencapai hingga 40o C), bercak kemerahan di kulit, konjungtivitis, batuk, dan hidung berair. Selain itu, anak yang menderita campak menjadi lemas dan nafsu makannya menjadi menurun.

Rubella atau yang sering disebut juga campak Jerman, adalah penyakit menular yang juga disebabkan oleh virus. Penularannya terjadi melalui udara. Pada anak, gejala dari penyakit ini biasanya hanya demam ringan (dengan suhu 37,2⁰ C) atau bahkan tanpa gejala sehingga sering tidak terdeteksi.

Beberapa gejala lain yang dapat ditemukan akibat infeksi Rubella di antaranya sakit tenggorokan, bercak kemerahan di kulit, sakit kepala, nyeri pada mata, konjungtivitis, dan pembesaran kelenjar limfe di belakang telinga, leher belakang, serta sub occipital. Selain itu, anak juga dapat mengalami mual, nyeri otot serta penurunan nafsu makan.

Imunisasi Campak Rubella dilakukan lewat penyuntikan dengan dosis 0,5 ml. Pemerintah menyediakan pelayanan imunisasi MR secara gratis pada bulan Agustus-September 2017 dan 2018. Anda bisa mendapatkan imunisasi MR tersebut di sekolah-sekolah, Puskesmas, Posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya.

Dalam kegiatan ini, Posyandu Mawar 1 Pussenarmed mendata ada 28 orang anak yang menerima Imunisasi Campak Rubella yang merupakan anak anak dari anggota Pussenarmed dan Pusdikarmed Kodiklat TNI AD. (Penpussenarmed)

 

 

DANPUSSENARMED

BRIGJEN TNI

DWI JATI UTOMO, S.I.P., M.Tr.(Han).

LINK

Guests Online WHO

We have 536 guests online