Selamat Datang di Website Pussenarmed

MERIAM MLRS ASTROS II DAN CAESAR 155 MM BERAKSI DI MEDAN LATIHAN MARTAPURA BATURAJA

PDFPrintE-mail

 

Baturaja – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) sedang melaksanakan Latihan Tempur Antar Kecabangan (ANCAB) di Martapura Baturaja Sumsel. Latihan tempur ANCAB, adalah latihan yang di ikuti 17 satuan TNI AD, diantaranya, pasukan dari satuan Armed dengan Alutsista terbaik yang dimilikinya, Demikian dikatakan Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan Brigjen TNI Dwi Jati Utomo,S.I.P., M.Tr(Han) pada saat latihan puncak di Baturaja ,Jumat (11/8).

Danpussenarmed  ketika diwawancarai menyampaikan bahwa kecabangan Armed  menurunkan senjata senjata terbaru milik mereka seperti MLRS Astros II MK6 dan Caesar 155 mm.Roket Astros II buatan Avibras, Brazil ini, berintikan kekuatan pada roket darat-ke-darat yang memiliki spesifikasi canggih dalam mendukung pertahanan dengan multilauncher dan multikaliber yang dapat menjangkau sasaran hingga jarak 300 kilometer. Hampir sejauh Jakarta-Cirebon.Selain itu, roket Astros II dengan kendaraan pengangkut truk khusus berkonfigurasi penggerak 6 x 6 dan 4 x 4, juga mampu digunakan dalam berbagai medan tempur serta dapat diangkut oleh pesawat udara, sehingga memudahkan mobilitas roket Astros II ke wilayah yang membutuhkan. Dimana senjata meriam Artileri berat ini digunakan 2 Batalyon yaitu Armed 1/Roket di Malang dan Batalyon Armed 10 di Bogor Jabar.

Demikian juga meriam Caesar 155 mm yang telah melengkapi kekuatan 2 Yon Armed, yakni Yon Armed 9 di Purwakarta, Jawa Barat dan Yon Armed 12 di Ngawi, Jawa Timur. Keduanya adalah Yon Armed dalam jajaran Kostrad. Dan ada satu unit CAESAR untuk pelatihan di Pusdikarmed.

Dalam kegiatan Ancab tersebut, Pussenarmed menurunkan 3 Batalyon Armed Kostrad yaitu Armed-1/Roket, Armed-12/155 mm GS Caesar dan Armed-11/76 Trk Kostrad. Kegiatan Latihan Ancab ini untuk menguji profesionalisme dan kesiapan operasi darat. Karena tidak bisa dipungkiri, kekuatan darat juga penting, sama dengan kekuatan laut dan udara. Kecabangan Armed selalu bersinergi dengan unsur kecabangan lain untuk mencapai TNI AD yang kuat dan solid.Keberhasilan latihan hari ini merupakan kebanggan tersendiri bagi Danpussenarmed, dimana satuan Armed dapat menghancurkan sasaran dengan bijak,cepat dan teliti. Karena beliau selalu menekankan motto yang dibanggakan Prajurit Armed TNI AD yaitu Modern, Cerdas dan Tangguh.(Penpussenarmed)